apa saja hal yang terjadi di bulan puasa?

by - 19.50

Menurut wikipedia Ramadan (/ˌræməˈdɑːn/; bahasa Arab: رمضان Ramaḍān adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam,dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa (saum) dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim. 

Dan biasanya, di bulan puasa, pasti harga-harga pada naik. Di mulai dari harga sembako, harga gas elpiji, harga diri pun ikutan naik. Ini kalau tiap bulan ramadan harga pada naik. Takutnya, pas mau beli gorengan, malah di kasih adonannya. Misalkan harga gas elpiji bisa naik 80%. Kemungkinan tukang gorengan pada masak pake panel surya atau mungkin pancinya di panasin pake kacamata pembesar.

Dan kalau kalian ketahui. Di bulan puasa, pasti suhu juga jadi naik. Kalau siang makin panas dari suhu normalnya. Pasti kita jadi pengin ngebatalin puasa. Apalagi kuliah di siang hari, jadi pengen berenang di kolam es buah. Terus apalagi pas kita sholat tarawih. Pasti penuh banget. Saking penuhnya, ini kalau mau solat aja. Pasti sikut-sikutan. Belum lagi banyak orang tua yang bawa anaknya masih di bawah umur. Pas khotib-nya khotbah, anaknya nangis. Pas lagi solat, anaknya keluyuran depan kita. Pas selesai taraweh anaknya main petasan di dalam sarung. Sarungnya, sarung imamnya lagi.

Di bulan puasa, pasti akan terjadi yang namanya BUK-BER. Dan pasti akan ada orang yang membuat rencana bukber di suatu café atau restoran. Tapi, dia malah gak dateng. Atau dari sebelum 3 bulan puasa. Udah ngerencanain bukber. Terus begitu, terus begitu, sampai akhirnya udah lebaran dan gak jadi bukber.

Apalagi anak kost atau anak rantau. Jauh dari orang tua. Sahur dan buka puasa sendirian. Yang tadinya sahur di bangunin sama orang tua. Pas tinggal sendiri di kos. Nyetel alarm jam 2 pagi. Malah bangun jam 2 siang. Itu pun hari besoknya. Belum lagi kalau tanggal tua. Niatnya pengen makan enak-enak. Terpaksa makan takjil gratisan di masjid terdekat. Kalau hoki, bisa dapet ayam takjilnya. Kalau kurang hoki, makanya bareng ayam.


Jadi, gimana kah puasa kalian di tahun 2017 ini? Apakah ada hal yang berbeda dari puasa tahun sebelumnya??

You May Also Like

3 komentar

  1. Gue suka nih postingan lo yg ini wkwk, dan lo orang paling nyebelin buat pendeskripsian di paragraf ke 5. Good job wan 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak kos kayak gitu gak, Vi, kalau puasa?? hahaha. makasih udh baca xD

      Hapus
  2. Unchanged banget sih kamu

    BalasHapus